Minggu, 15 Juli 2012

Tour ke Swedia

Kerajaan Swedia merupakan bagian dari semenanjung Skandinavia. Dengan panjang 1.600 km, wilayah ini terdiri dari atas dataran tinggi yang terhampar dari barat ke timur, mulai dari pegunungan perbatasan Norwegia hingga Teluk Botnie. Pemandangan alamnya didominasi oleh dataran luas alamiah, hutan, rawa, dan danau.
Penduduknya bertempat tinggal di selatan, di hamparan lahan yang luas. Daerah semacam ini memberi keuntungan bagi Swedia karena dapat memenuhi kebutuhan dasar pada sektor pertanian.
Hutan dan alam bawah tanahnya kaya akan mineral (tembaga, besi, dan seng) yang menjadi bahan dasar bagi industri Swedia. Kekayaan alam ini juga menjamin 25% kebutuhan akan logam sulfur (belerang) dan logam mulia (emas, perak) Eropa Barat.
Sektor industri Swedia sangat bersaing. Kualitas sangat diutamakan dan produksi dijalankan dengan teknologi tinggi dan energi yang digunakan selalu diperbaharui. Ikea dan Volvo merupakan beberapa produk yang dihasilkan oleh negara Swedia.
Penangkapan ikan mulai berkurang dan kijang diternakkan di Laponia, sisi utara negeri ini.
Sejarah mencatat Swedia sebagai negeri yang memiliki kebesaran tradisi militer dan intelektual. Selain itu, Swedia juga memiliki sistem sosial yang egaliter dan taraf hidup yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar